Budidaya Ikan Bawal

Ikan bawal merupakan salah satu ikan favorit di indonesia. Rasanya yang gurih dan enak menjadi salah satu ikan yang yang banyak digemari. Kebutuhan ikan bawal di indonesia juga termasuk tinggi selain ikan nila dan lele. Hal ini tentu menjadi peluang sendiri bagi yang mau membudidayakanya. Sama seperti ikan lele dan nila, proses budidaya ikan bawal juga bisa menggunakan media terpal dan kolam sebagai medianya. Tentu semua mempunyai kekurangan dan kelebihanya.

benihikanku-blogspot-com-bawalkonsumsi2_benihikan.wordpress.com_

Budidaya ikan bawal sebenernya sangat mudah, yang perlu dilakukan hanya menyiapkan kolam atau media sesuai dengan kebutuhan. Kolam juga bisa menggunakan terpal ataupun kolam cor, yang terpenting adalah air yang ada di dalamnya.

Ikan bawal memiliki beberapa keistimewaan dan kelebihan, diantaranya adalah ketahanan yang tinggi terhadap kondisi limnologi yang kurang baik dan rasa daging yang enak menyerupai daging ikan gurame.

Yang harus diperhatikan dalam budidaya ikan nila adalah sebagai berikut, diantaranya :

  1. Persiapan kolam untuk budidaya. Persiapan kolam ikan bawal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. Setelah dasar kolam benar-benar kering, dasar kolam perlu dikapur dengan kapur tohor maupun dolomit dengan dosis 25 kg/100 meter persegi. Hal ini untuk meningkatkan pH tanah, juga dapat untuk membunuh hama maupun patogen yang masih tahan terhadap proses pengeringan.
  2. Pemilihan dan penebaran benih ikan. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil yang nantinya didapatkan. Karena benih yang baik akan menghasilkan panenan yang banyak.
  3. Kualitas pakan. Hanya dengan pakan yang baik ikan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan. Kualitas pakan yang baik adalah pakan yanq mempunyai gizi yang seimbang baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral. Karena ikan bawal bersifat omnivora maka makanan yang diberikan bisa berupa daun-daunan maupun berupa pelet. Pakan diberikan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yang dipelihara). Pemberian pakan dapat ditebar secara langsung.
  4. Panen ikan bawal. Proses panen ikan bawal ketika sudah berumur 4 sampai 6 bulan. Ketika sudah siap dipanen, ikan bawal paling tidak sudah memiliki berat sekitar 500 gram per ekor.

Sebenernya budidaya ikan bawal sangat gampang, yang terpenting nutrisi dan air untuk kebutuhan ikan bawal terpenuhi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *