Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Terpal

Budidaya ikan gurame di kolam terpal

Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal – Budidaya ikan gurame dengan metode kolam terpal bisa dijadikan alternatif bisnis rumahan. Nilai ekonomis yang tinggi serta permintaan pasar yang tinggi menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ini mulai dilirik oleh sebagian orang. Dengan metode kolam terpal, bisa menjadi alternatif untuk yang tidak mempunyai lahan luas untuk budidaya. Modal yang sedikit serta kolam yang fleksibel menjadi salah satu kelebihan dari metode ini. Sedangkan apabila menggunakan kolam semen biaya yang di butuhkan lebih besar, tapi memang kualitas kolam juga bagus.

Kami juga merekomendasikan anda untuk membaca Budidaya Ikan Lele Menggunakan Kolam dan Terpal

Metode budidaya ini cukup mudah dilakukan. Tapi semua juga butuh kesabaran dan ketelatenan. Hal ini yang menjadi penentu apakah panen yang dihasilkan maksimal atau tidak.

Budidaya ikan gurame di kolam terpal

Budidaya ikan gurame di kolam terpal

Metode budidaya ikan gurame menggunakan kolam terpal kira-kira sebagai berikut.

1. Media atau kolam

Karena menggunakan terpal, pinggiran kolam harus dibikin kuat. Biasanya kebanyakan orang memilih menggunakan tumpukan batu bata ataupun di patok menggunakan bambu. Untuk ukuran yang digunakan, kolam terpal menggunakan panjang 4 m dan lebar 2 m serta tinggi 1 m. Atau bisa menyesuaikan dengan berapa jumlah bibit yang akan di tabur. Semakin banyak bibit yang ditabur tentu semakin luas kolam yang digunakan.

2. Pengisian air kolam

Kolam diisi dengan air dengan ketinggian air kira kira  50-70 cm. Kemudian air harus didiamkan selama kurang lebih 1 minggu. Setelah didiamkan selama 1 minggu, bibit ikan bisa dimasukan kedalam kolam. Benih yang dimasukan kira-kira yang sudah berumur sekitar 2 bulan.

3. Takaran benih

Jumlah benih yang dimasukan ke dalam kolam memyesuaikan dengan besarnya kolam yang digunakan. Untuk kolam dengan ukuran yang di atas, kolam mampu menampung sekitar 200 ekor. Dalam waktu 2 minggu sekali air diberi sanitizer untuk untuk membunuh bibit penyakit yang ada didalam kolam.

4. Panen

Masa panen untuk ikan gurame pada kolam terpal ketika ikan sudah berumur sekitar 4 bulan, atau ketika ikan gurame sudah layak untuk di konsumsi.

Setelah proses panen, kolam masih bisa digunakan lagi sampe beberapa kali masa panen.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *