Budidaya Ikan Nila Merah Dengan Lahan Kolam Yang Kecil

Cara budidaya ikan nila merah dengan lahan yang sempit

Memiliki halaman yang sempit memang sungguh menyebalkan sebab tak banyak yang dapat dikerjakan, malahan untuk menanam pohon saja tak bisa sebab dahan pasti kena atap. Tetapi jika anda merupakan seorang yang kreatif, anda dapat memanfaatkan lahan tanah yang sempit itu dengan mencari cara yang berguna dari beraneka sumber. Ada banyak hal yang dapat anda lakukan dengan lahan yang sempit yang anda miliki. Dengan kreatifitas yang ada dan sedikit pengetahuan yang berharga anda dapat membuat kolam ikan dihalaman anda. Loh kenapa bia? Tentu bisa saja, walau lahan anda kecil dan sempit anda masih dapat membuat kolam untuk berternak nila merah tentunya.

Budidaya Ikan Nila Merah

Ikan nila bukan saja bernilai tinggi di sisi ekonomis tapi juga bernilai tinggi dalam hal nutrisi dan manfaatnya bila dikonsumsi. Nila rupanya terbukti mengandung banyak protein yang bagus untuk tubuh dan perkembangan otak. Apabila anda benar-benar berminat untuk berternak nila, nila hitam atau merah ada yang wajib anda lakukan yaitu mencari teknik beternak ikan nila pada lahan sempit yang kemungkinan besar juga sedikit memiliki suplai ke sumber air yang besar. Ada banyak metode/teknik untuk berternak pada lahan sempit ini dan apabila anda kreatif serta cakap memanfaatkan seluruh potensi yang ada termasuk mencari tahu teknik budidaya ikan tawar dari beragam pihak/sumber terpercaya contohnya dinas perikanan maka bukanlah hal yang mustahil anda dapat untuk mencukupi asupan protein keluarga anda dari budidaya ikan nila dihalaman anda. Untuk itu ada sebagian hal yang dapat anda manfaatkan atau wajib anda kenal untuk dapat mengoptimalkan lahan sempit anda.

Langkah Awal Budidaya Ikan Nila

Untuk mengawali budidaya ikan nila dihalaman anda yang sempit anda wajib tahu metode budidaya ikan nila di kolam terpal. Mengapa kolam terpal? Ya, sebab dengan terpal anda tak perlu lahan yang terlalu luas dan juga anda tak perlu menggali halaman anda terlalu dalam, selain itu dengan terpal anda tak perlu terlalu kerap memasok air ke kolam anda. Dengan kolam terpal akan membuat anda mengeluarkan sedikit modal.

Persiapan kolam terpal sebagai tempat budidaya ikan nila

Persiapan kolam terpal sebagai tempat budidaya ikan nila

Mempersiapkan Kolam Terpal untuk Budidaya Ikan Nila

Pertama-tama yang wajib anda lakukan yaitu mempersiapkan kolam. Kolam sebaiknya di buat dengan kedalaman kurang lebih 50-75 cm supaya memberikan ruang yang cukup untuk ikan nila berkembang biak dengan baik. Sembari anda mempersiapkan kolam, anda juga perlu memikirkan pembibitan untuk kolam yang akan anda buat. Bibit ikan nila dapat dibeli dari kios bibit ikan atau dari dinas perikanan. Bibit yang baik berukuran 5-10 cm. pilih bibit yang sehat dengan metode pengamatan keaktifan ketika mereka bergerak. Kita kembali ke kolam yang anda buat. Sesudah kedalam kolam telah terpenuhi 50 cm, anda wajib memadatkan dasar kolam dan dipinggir kolam dijadikan tanggul dan diperkuat dengan batu bata atau batako. Dasar kolam juga dapat diberikan batu bata supaya dasar menjadi rata dan keras. Sesudah itu diberikan sekam yang merata dan terpal sudah dapat dipasang. Metode ini mirip pembuatan tambak didaerah pantai untuk mencegah kehilangan air. Sesudah terpal terpasang, pastikan terpal terkunci dengan sempurna dipinggir-pinggir kolam. Untuk memutuskan ksempurnaan, anda dapat memberi batako atau batubata diatas pinggiran terpal supaya terpal tak gampang berubah-ubah yang dapat menyebabkan kebocoran air. Sesudah seluruhnya terpasang dengan baik, isi kolam dengan air. Hal ini untuk mengecek apakah ada yang bocor atau tidak sesudah diisi air, kolam dikeringkan lagi untuk tahap selanjutnya adalah persiapan.

Tahap Persiapan Berternak Nila

Cara budidaya ikan nila merah dengan lahan yang sempit

Cara budidaya ikan nila merah dengan lahan yang sempit

Sesudah kolam dikeringkan kembali, perbaiki system pengisian air serta system pembuangan air dan perkuat pinggiran kolam. Berikan dasar kolam dengan kapur sebanyak 25 gram – 1kg/m2 dan juga pupuk organik kandang dengan ukuran ½ KG/m2. Sesudah itu, kolam kembali diisi dengan air. Biarkan air tergenang selama 5-7 hari sebelum benih disebar. Untuk benih, sesuaikan dengan pedoman sumber ternak ikan nila dengan memilih yang sehat dan aktif serta tak terserang virus dan kuman. Sesudah 5-7 hari anakan nila telah dapat disebar dengan ukuran 5-10 ekor/m2. Untuk menjadikan nila tumbuh dengan pesat diperlukan pakan ikan nila yang bagus. Pakan nila yang bagus umumnya yaitu pelet ikan dengan komposisi protein 20% – 30%, Lemak 70% dan karbohidrat 70% serta daun-daunan. Metode memelihara ikan nila cukup gampang, yang penting anda rajin memberi makan tiap hari. Berdasarkan metode beternak ikan, ikan nila dapat dipanen sesudah masa 6 bulan, ketika ikan nila telah berukuran besar dan layak untuk dikonsumsi dengan berat antara 400gram – 600 gram. Apabila anda berkeinginan mencari indukan, pilihlah dari kolam anda ikan nila jantan dan betina yang sehat kemudian pisahkan kedalam kolam pembiakan. Apabila anda menjalankan metode budidaya ikan nila dengan bagus maka tak mustahil anda dapat mengoptimalkan usaha anda ini menjadi mata pencaharian utama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *