Budidaya Tanaman Secara Hidroponik

3 views
Hidroponik

ilustrasi media tanam secara hidroponik

Cara Budidaya Tanaman Hidroponik

Pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang tanaman hidroponik sederhana yang dapat diterapkan dengan mudah di rumah atau di halaman. Teknik Budidaya hidroponik menggunakan media air ditujukan untuk pemula yang baru terjun untuk menanam secara hidroponik dan ingin mencoba untuk membudidayakan secara hidroponik sayuran seperti cabai, kale, tomat, dan lain-lain. Kemudian dalam teknik penanaman secara hidroponik ini, kita tidak memerlukan peralatan atau bahan ideal yang sulit untuk didapatkan, tetapi hanya memerlukan apa yang ada di sekitar Anda seperti botol, gantung botol dan media tanam sederhana lainnya.

[artikel number=3 tag=”hidroponik” ]

Budidaya Tanaman Secara Hidroponik

apa yang dimaksud dengan budidaya hidroponik? Hanya mengamati dari asal katanya budidaya tanaman hidroponik berarti metode budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, tetapi memanfaatkan air/solusi mineral nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dan bahan-bahan lain tempat yang mengandung hara tanah seperti kelapa sebagai serat, serat Mineral, pasir, patahan ubin/bata, bubuk kayu, dan sebagainya.

Manfaat Hidroponik

Hidroponik budidaya terbukti mempunyai nilai yang ekonomis dibandingkan dengan menanam secara konvensional di tanah karena tidak perlu semprotan air setiap hari, gizi dan mineral yang digunakan ditampung dalam wadah yang digunakan. Tanaman hidroponik tidak merusak tanah karena twknik ini tidak menggunakan media tanah. Penanaman hidroponik tidak memerlukan tanah yang banyak. Hasil dari hidroponik dapat dimakan karena tumbuhana dan buahnya tidak mengandung kotoran dan hama.

Hidroponik

penanaman kangkung secara hidroponik

Cara Membuat Hidroponik Sayuran

Ada dua teknik utama dalam hidroponik budidaya yaitu teknik penanaman menggunakan larutan nutrisi dan teknik penanaman menggunakan penggantian media. Untuk teknik yang pertama tidak memerlukan media tanam yang sulit. Sedangkan untuk teknik yang kedua Anda memerlukan media seperti serat sabut kelapa dan bubuk kayu.

Teknik Solusi Statis

Dalam solusi teknik statis tanaman hidroponik tanaman ditaburkan pada media tertentu seperti ember plastik dan baskom. Pilihlah media yang memiliki warna gelap atau buram. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pertumbuhan Lumut dalam wadah mandi/wadah. Karena nutrisi yang ada tidak dikeringkan maka letakan serendah mungkin sehingga tanaman mendapatkan cukup oksigen.

Teknik Solusi Air  (NFT)

Aliran solusi teknik adalah metode hidroponik budidaya yang dilakukan dengan terus menguras larutan nutrisi dari tangki besar melalui akar tanaman. Teknik ini lebih mudah untuk menyesuaikan karena suhu dan larutan nutrisi dapat diatur dari tangki besar yang dapat digunakan untuk tanaman hidroponik skala besar.

Teknik hidroponik NFT menggunakan parit buatan yang terbuat dari strip logam tipis, stainless, dan tanaman unggulan dalam parit. Di sekitar selokan, saluran dikeringkan bergizi air mineral sehingga di sekitar tanaman akan bentuk lapisan tipis yang digunakan sebagai tanaman pangan.

Bagaimana Membuat Hidroponik Nutrisi

Dalam hidroponik sistem dikenal gizi dengan istilah AB campuran tanam. AB campuran biasanya dijual di toko pertanian atau secara online. Beberapa masih dalam bentuk bubuk, beberapa yang sudah dalam bentuk cair solusi.

Ada beberapa jenis AB campuran. Untuk sayuran, pastikan Anda membeli AB campuran daun (sayuran). Kecuali Anda kemudian menanam tanaman buah, AB campuran juga harus siap terutama untuk buah. AB campuran terdiri dari dua solusi cair yang terpisah, yaitu solusi A dan solusi B. Kedua solusi gizi ini adalah solusi terkonsentrasi yang kemudian harus dicampur lagi dengan air ketika digunakan. Pencampuran dosis yaitu 5 mL solusi A, 5 mL solusi B dan 1 Liter air.

Cara Mentransfer Biji ke Hidroponik Media Tanam

  • Persiapkan botol yang telah dibuat sebelumnya.
  • Isi bagian bawah botol dengan larutan nutrisi.
  • Pindahkan kedalam botol yang sudah terisi nutrisi dengan kain flanel.
  • Pasangkan kedua bagian botol.

Perawatan Tanaman Hidroponik

Jika awal campuran 5 mL+5mL+1L dalam waktu 1 Minggu maka untuk minggu ke-2 meningkat menjadi 6mL+6mL+1L sampai seterusnya hingga panen. Jangan biarkan nutrisi solusi di bawah botol kosong karena akan menyebabkan tanaman mati kekeringan. Botol yang mengandung gizi solusi rentan terhadap moss paparan sinar matahari.

Tags: #hidroponik

Author: 
    author