Budidaya Udang Galah Air Tawar

7 views

Udang merupakan salah satu komoditas budidaya yang hasilnya banyak di gemari oleh masyarakat indonesia. Hal ini dikarenakan banyak warga indonesia yang sudah sadar akan kandungan nutrisi pada udang yang mengandung banyak protein. Namun budidaya udang galah di air tawar memang tidak se populer seperti ikan lele ataupun gurame pada kolam terpal. Meski demikian, bukan berarti budidaya udang galah tidak menguntungkan, justru malah sebaliknya karena kompetisi di pasar masih sedikit.

Udang galah atau yang sering disebut juga sebagai baby lobster merupakan spesies asli Indonesia. Udang ini berasal dari marga Macrobrachium rosenbergii. Udang galah memiliki ciri fisik kepala mengerucut dan tubuh nya lebih besar dari udang lain. Selain di Indonesia, udang galah juga banyak ditemukan di kawasan Pacific hingga Timur Afrika, terutama Malaysia.

cara-memancing-udang

Pada awalnya, budidaya udang galah menggunakan produk lokal yang kemudian disebut sebagai udang galah lokal untuk dijadikan usaha kecil. Namun baru baru ini dilakukan penelitian untuk menciptakan spesies udang galah baru yang lebih menguntungkan.

Sampai saat ini, permintaan pasar untuk udang galah biasanya diserap oleh restoran-restoran atau rumah makan seafood yang menyajikan berbagai macam olahan ikan. Di Indonesia ada beberapa kota yang memiliki permintaan udang gala air tawar yang cukup besar, diantaranya adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan kota lain di indonesia.

Masih dari sumber yang sama, permintaan ekspor ke luar negeri juga terhitung tinggi. Setiap tahunnya ada peningkatan permintaan ekspor udang galah sebesar 1,97%% dan 2,67%. Hingga saat ini, permintaan di beberapa negara di dunia masih belum terpenuhi oleh produksi lokal. Oleh karena itulah, peluang usaha kecil budidaya udang galah masih terbuka lebar untuk anda jalankan sebagai usaha sampingan.

Udang galah telah terbukti memiliki prospek cerah. Dengan tingginya permintaan namun masih belum banyaknya pembudidaya udang galah membuat usaha kecil budidaya udang galah mulai dilirik oleh masyarakat. Bahkan, pemerintah kemudian menggelontorkan bantuan 1 milliar rupiah ke daerah Ciamis guna pengembangan budidaya udang galah. Karena memang permintaan pasar begitu tinggi namun hanya sekitar 60% saja yang terpenuhi padahal permintaan terus menerus meningkat terlebih harga udang windu yang mahal membuat udang galah sepertinya akan menjadi salah satu komoditi perikanan yang menjanjikan.

Tags: #perikanan