Cara Menanam Bawang Putih Dengan Benar

Bawang putih merupakan tanaman rempah indonesia yang penggunaanya menjadi salah satu bahan pokok untuk bumbu masak. Selain untuk bumbu masak, sebagian orang yang ada di indonesia menggunakan bawang putih sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit. Dalam penggunaanya, bawang putih biasanya dipadukan dengan rempah lain, pada umumnya biasanya dipadukan dengan bawang merah, cabai dan rempah lainya untuk membuat bumbu masak.

Belakangan ini, budidaya menjadi salah satu alternatif kegiatan untuk hobi maupun pekerjaan. Salah satunya adalah budidaya bawang putih. Sebenernya, menanam bawang putih sangatlah gampang, karena untuk menanam bawang putih tidak perlu memerlukan lahan yang luas untuk media tanamnya, bahkan di dalam polybag atau pun pot saja sudah cukup.

Khasiat-Bawang-Putih

Namun apabila anda punya pekarangan rumah yang cukup luas, tidak ada salahnya jika digunakan sebagai media tanam untuk budidaya bawang putih. Karena faktanya, bawang putih bisa hidup di pekarangan rumah asalkan dirawat dengan benar dan nutrisi yang dibutuhkan cukup.

Tapi sebelum benar-benar menanamnya, pastikan kondisi pekarangan anda memiliki kriteria sebagai berikut ini, diantaranya:

  1. Bawang putih tidak bisa hidup dalam tanah yang tekstur nya lembek atau becek. Kadar air yang tinggi pada tanah akan membuat bawang putih busuk dan mati. Jadi pastikan lahan yang akan digunakan teksturnya kering.
  2. Bawang putih harus mendapat sinar matahari yang cukup. Sebagai tanaman, umumnya harus mendapatkan paparan matahari yang cukup, apalagi untuk budidaya bawang putih.
  3. Tanaman bawang putih tidak terlalu terpengaruh dengan tanaman lain yang ada di sekitarnya, asalkan paparan sinar matahari dan nutrisi tidak terganggu.

Setelah semuanya terpenuhi, langkah selanjutnya adalah menanam bawang putih. Cara menanamnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Siapkan benih bawang putih yang memiliki kualitas baik. Kemudian potong ujungnya. Hal ini agas bawang putih cepat bertunas sehingga cepat hidup.
  2. Siapkan lahan yang sudah di campur dengan pupuk kandang. Kemudian basahi namun jangan terlalu becek karena bibit bawang putih bisa membusuk.
  3. Kemudian tancapkan bibit bawang putih yang sudah dipotong ujungnya tadi kedalam media tanam, tentu dengan akar berada di bagian bawah.
  4. Dalam waktu kira-kira 3 hari, tunas biasanya sudah tumbuh.
  5. Lakukan perawatan, seperti pemberian pupuk dan menjaga kelembaban tanah serta pembersihan dari tanaman lain yang mengganggu tanaman bawang putih.

Cukup mudah bukan? Kalau misal media tanam mau di ganti dengan pot atau polybag, caranya tetap sama. Namun dengan pot atau polybag selain untuk kebutuhan dapur, bawang putih bisa dijadikan tanaman bunga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *