Cara Menanam Strawberry Menggunakan Media Polybag Atau Pot

10 views

Tips Cara Menanam Strawberry

Strawberry merupakan tanaman yang menghasilkan buah yang indah dengan rasa lezat dan menyegarkan. Kegiatan budidaya tanaman strawberry telah dilakukan oleh petani untuk waktu yang lama untuk memperbanyak produksi karena mengetahui bahwa strawberry termasuk buah yang disukai banyak orang.

Buah strawberry sering diproses ke makanan atau minuman tertentu, seperti selai, jus, dan banyak lagi. Manfaat tidak hanya untuk makan, tetapi dapat dijadikan makanan ringan untuk bersantai. Selain itu, manfaat mengkonsumsi strawberry juga memiliki dampak pada kesehatan dan Kecantikan.

Dalam hal kegunaan dan manfaat yang diberikan, tentu saja banyak orang (tidak hanya petani) yang tertarik untuk mencoba budidaya tanaman strawberry. Mudahnya berkebun sendiri, juga dapat meningkatkan keterampilan pertanian, kegiatan budidaya juga dapat membuat Anda lebih pintar dalam melihat peluang bisnis di bidang agribisnis dan tentu saja, dapat menambah penghasilan Anda.

Cara Menanam Strawberry

Buah Strawberry dengan Media Pot

[artikel number=3 tag=”buah-dan-tumbuhan” ]

Cara Menanam Strawberry di Polybag

Untuk menanam strawberry, Anda tidak perlu tanah yang banyak jika Anda tidak memiliki lahan pertanian (ladang). Hanya dengan menyiapkan panci atau polybag, Anda sudah dapat membudidayakan buah strawberry Anda sendiri. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, di sini saya akan memberikan tips suatu cara menanam Strawberry di polybag yang dapat dilakukan di halaman rumah.

Cara Menanam Strawberry

Buah Strawberry yang Sudah Matang

Syarat yang harus dilakukan agar strawberry tumbuh dengan baik

  • Strawberry dapat ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian 1000-1500 meter di atas permukaan laut.
  • Strawberry tidak dapat tumbuh baik jika curah hujan terus datang setiap hari. Strawberry akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah dengan sempurna warna dan rasa di daerah dengan curah hujan 600-700 mm per tahun.
  • Pertumbuhan strawberry akan berlangsung baik setelah mendapatkan sinar matahari selama 8-10 jam setiap hari.
  • Tingkat kelembaban udara untuk merangsang pertumbuhan strawberry antara 70-80%.
  • Tingkat keasaman atau pH tanah ideal untuk budidaya tanaman strawberry di pot atau polibag adalah 6,5-7,0.
  • Penanaman media untuk budidaya tanaman strawberry harus memiliki sifat poros, mudah untuk menelan air, dan ketersediaan unsur hara selalu tercukupi.

Cara Menanam Strawberry di Polybag

  • Membeli bibit strawberry di toko bibit tumbuhan, Anda dapat memilih benih unggul atau Anda dapat melakukan vegetatif pembibitan dengan mengambil bagian dari batang tanaman yang sudah ada.
  • Setelah benih tersedia, persiapkan polybag dan pengisi media. Mengisi media terbuat dari tanah kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 1: 1 masing-masing.
  • Campuran media langsung dimasukkan ke dalam wadah tanaman, pot atau polibag tanam.
  • Membuat lubang, untuk masuknya bibit ke dalamnya.
  • Siram bibit setiap pagi dan malam hari, setiap hari.  Selalu jaga tingkat kelembaban tanah. Selalu jaga kecukupan air dari media tanam agar bibit strawberry cepat tumbuh.

Pemeliharaan penanaman strawberry

  • Penyiraman. Menyiram tanaman strawberry secara teratur dari penanaman awal untuk memasuki fase generatif. Penting sekali untuk melakukan penyiraman intensif, jika perlu membuat jadwal. Pastikan bahwa Anda mempertahankan nilai kelembaban media tanam, jangan biarkan tanah kering.
  • Pemisahan. Jika ada tanaman strawberry yang mengalami masalah pertumbuhan, tidak tumbuh sempurna, rusak, dan bahkan mati, kemudian Anda harus melakukan pemisahan. Mengganti tanaman mati dengan bibit baru dalam polybag yang sama.
  • Pengendalian hama dan penyakit. Anda juga bisa menyemprotkan pestisida yang direkomendasikan untuk tanaman strawberry. Cobalah untuk menjaga tanaman strawberry agar tidak terserang oleh hama.
  • Pemupukan. Pohon strawberry Anda setelah tumbuh dan memasuki usia 2 bulan harus diberi pupuk untuk mempertahankan stabilitas pertumbuhan. Menggunakan pupuk organik atau anorganik dengan dosis tertentu. Ketika melakukan pemupukan, cobalah untuk tidak mengenai organ-organ tanaman seperti batang, daun, dan buah.

Bagaimana Cara Menanam Strawberry Agar Cepat Tumbuh

Selain biasa penyiraman dan pemupukan, Anda juga perlu melakukan suatu kegiatan disebut penyiangan. Penyiangan itu sendiri merupakan kegiatan yang koheren dan kohesif di dunia pertanian. Kedua kegiatan ini dinilai dan bahkan dipercaya oleh banyak pekebun sebagai faktor terbesar dalam keberhasilan kegiatan pertanian di seluruh dunia.

Pemanenan Buah Strawberry

Usia pemanenan buah strawberry adalah 2 bulan. Namun, Itu semua tergantung pada bagaimana pemeliharaan Anda dalam proses pertumbuhannya. Tanaman strawberry yang telah berbuah memiliki karakteristik umum seperti daging terasa kenyal dan lembut ketika dipegang. Jika digigit memiliki rasa sedikit asam. Kulit buah merah muda atau merah kehitaman dengan batang coklat yang agak kekuningan.

Tags: #Buah dan Tumbuhan